Tuesday, February 14, 2023

Berisik

 Selalu ada saja hal-hal yang mengganggu pikiran dengan cara berputar-putar mengingatkan kesalahan-kesalahan tidak penting yang sudah dilakukan. Bukan jenis kesalahan seperti kesalahanmu pada orang lain. Tetapi seperti kesalahan yang kamu sendiri yang menyadarinya. Sebenarnya seperti kesalahan yang kalaupun orang lain menyadari, mereka akan memaklumi dan bukan sesuatu yang berarti. Tapi kamu terus merasa perlu mengklarifikasinya padahal klarifikasi itu pun tidak dibutuhkan oleh orang lain.


Tapi itu terus berputar-putar di kepalamu. Menggelisahkan posisi dudukmu. Memekakkan telingamu. Mendebarkan dadamu. Kamu merasa malu. Kalimat-kalimat itu seolah diputar berulang di dalam telingamu. Tidak ada yang bisa kamu lakukan.


Sebenarnya ada. Setidaknya dengan menuliskan ini, kamu menyadari bahwa suara-suara itu mulai mereda. Kamu mulai tenang. Kamu belajar sesuatu hari ini. Jangan melihat-lihat lagi ruang obrolan lama. Itu akan memicu respon dirimu yang berlebihan itu. Itu semua adalah masa lalu. Hiduplah sekarang.


Mari kita cukupkan.

No comments:

Post a Comment