Tuesday, September 17, 2019

Pengalaman Rasa

Sebodoh apa pun sebuah masa lalu, sememalukan apa pun, aku tidak akan menghapus bukti-bukti aksaranya. Karena bagiku, ia adalah pengalaman rasa yang membuatku kaya. Aku tidak menyesal dan aku harap tidak akan pernah menyesal. Sesakit apa pun sebuah akhir, kelak aku pasti akan melupakan rasanya. Tetapi tulisan akan kekal dan hanya menyisakan rasa yang ingin disisakan. Bahwa aku pernah melewati itu semua, meski bukan pencapaian hidup, ia adalah bagian dari pendewasaan.

Setiap pengalaman rasa punya ceritanya masing-masing. Maka semenyesakkan apa pun saat ini, aku yakin, ini akan hanya menjadi cerita. Menghiasi dan memperkaya baris-baris aksara. Kamu bisa baca semuanya. Tanpa perlu ada yang dihapus. Karena aku tidak pernah menyesali itu semua.

No comments:

Post a Comment